DESTINASI

SOROTAN KAMI DARI SPOT PALING MENARIK DI SUMBA

Pasola

Pasola

Pasola is a cultural attraction that displays a game of dexterity by throwing wooden javelin or spears from a horse that is spurred by opposing sides. The game is intense because it does not require the use of any safety equipment, which can cause injury. According to Marapu customary beliefs, it is believed that an accident or injury occurs in Pasola participants is a sign that they have violated traditional rules, and the blood bared in the Pasola arena symbolized abundant fertility and harvest.

Lebih Lanjut »

Wulla Poddu

Wulla Poddu

In the Marapu religion, the original belief of the Sumba People, WullaPoddu is believed to be the month of cleansing, returning humans to their origins, and living in harmony with nature and their ancestors. Nature’s function is restored through a number of traditional rituals in order to not anger and continue to provide for its people to form harmony between nature, people, and animals.

Lebih Lanjut »

Rambe Manu Cave

Rambe Manu Cave

Rambe Manu is a place where locals fought the Dutch by using large stones and fragments of branches to forge and crush the enemy. The situation was supported by a reconnaissance team from the forest by imitating animal sounds. The Dutch troops who came to attack were all killed at the foot of Rambe Manu hill by rocks and large wooden branches. Wonakaka’s army achieved victory and the disappointed Lieutenant Bradsen angrily withdrew the rest of his troops in order to rearrange his strategy.

Lebih Lanjut »

Rumah Budaya Sumba Museum

Rumah Budaya Sumba Museum

Museum Rumah Budaya Sumba is a museum of Sumba culture cultivated by a Pastor who is an observer and cultural activist. The museum also functions as a center for Sumba cultural studies where tourists who want to get information and explore about Suma culture can visit

Lebih Lanjut »

Wee Lewo Village

Wee Lewo Village

Wee Lewo Traditional Village Site is an old village where people in the Wewewe area first lived. There are nine houses there called Uma Kalada) and hundred original old stone graves and ancient ancestral remains such as Parang made of brass, machetes with handles made of ivory, an old gong, trommel made of human skin, sacred states, and etc.

Lebih Lanjut »

Ratenggaro Traditional Village

Ratenggaro Traditional Village

This village is unique because their traditional houses have towers that are up to 20 meters high. In other villages, traditional houses only have a tower height of about 8 meters.

Lebih Lanjut »

Wainyapu Village

Wainyapu Village

Wainyapu Village consists of original indigenous houses called Uma Kalada that are well maintained. This traditional village is appealing due to its authentic traditional houses and  have over 1000 unique megalithic tomb stones.

Lebih Lanjut »

Umbu Koba Village

Umbu Koba Village

Umbu Koba is a village site with thirty traditional houses (Uma Kalada) and 33 old tomb stones. The people still maintain the Marapu traditional tradition, its most prominent the Wulla Poddu ritual (self-cleansing characterized by hunting animals in the forest whilst wearing traditional clothing made from bark).

Lebih Lanjut »

Totok Kalada Village

Totok Kalada Village

Totok Kalada village along with other villages in Southwest Sumba still adheres to Marapu customs and practices.

Lebih Lanjut »

Tossi Village

Tossi Village

It is also one of the villages that holds the Pasola traditional ceremony together with Mbuku Bani’s village. Tossi Village, the younger brother of Mbuku Bani village, was given the honor to announce to the public regarding the Pasola schedule that had been determined in Mbuku Bani village.

Lebih Lanjut »

Toda Village

Toda Village

This village has 22 units of traditional houses (Umma Kalada) and 89 old original stone graves. And in this village sacred items are stored in the form of spears, statues, knives, kris, rubies, mamoli and others.

Lebih Lanjut »

Kampung Manola

Kampung Manola

Situs kampung Manola memiliki 42 rumah adat (Uma Kalada) dan 113 kubur batu tua. Sejarah lisan menceriterakan bahwa orang-orang yang tinggal di kampung ini adalah keturunan dari gunung Yawila (gunung tertinggi di sekitar wilayah ini).

Lebih Lanjut »

Kampung Adat Mbuku Bani

Kampung Adat Mbuku Bani

Kampung ini terkenal karena ritual Marapu untuk menetapkan jadwal Pasola dan upacara adat Kawoking dilakukan di kampung ini. Untuk menyaksikan upacara adat Kawoking, Anda harus datang sehari sebelum Pasola karena acara dimulai pada malam hari. Kampung ini memiliki 31 rumah adat dan 83 kubur batu tua dan menyimpan benda-benda kuno seperti pistol dari emas, kain kuno, Peti dari besi, Bebek emas, guci, tambur dari kulit manusia dan masih banyak lagi benda-benda lain peninggalan nenek moyang.

Lebih Lanjut »

Kampung Adat Bondo Kapumbu

Kampung Adat Bondo Kapumbu

Terdapat 19 buah rumah adat dan 135 kubur batu tua dengan berbagai ukuran di kampung ini. Benda-benda kuno peninggalan nenek moyang masih tersimpan di kampung ini seperti tempayan botol, senapan dari jaman dahulu, mamoli dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lebih Lanjut »

Kawona Beach

Kawona Beach

Kawona Beach offers unusual natural panorama in the form of fine white sand and wide landscape and relatively calm waves. This beach is suitable for family recreation because the beach is long and relatively safe for children.

Lebih Lanjut »

Watu Malando Beach

Watu Malando Beach

Watu Malando beach features an unusual natural panorama in the form of five pieces of coral that are at sea and share unique stories with mystical character.

Lebih Lanjut »

Waikelo Beach

Waikelo Beach

Pantai waikelo adalah pusat pelabuhan Yang menghubungkan kabupaten Sumba Barat Daya dengan daerah lain melalui jalur laut. Para wisatawan dapat menikmati keindahan pantai, mandi, mengambil photo dan video terutama saat matahari terbenam, dan melihat kendaraan yang setiap hari mengangkut barang dari dermaga.

Lebih Lanjut »

Ratenggaro Beach

Ratenggaro Beach

Pantai ini menyuguhkan kombinasi wisata alam dan budaya karena terdapat situs kampung adat Ratenggaro dengan kubur-kubur batu tua yang unik dan bersejarah persis di pinggir pantai. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar dengan gulungan yang panjang sehingga cocok untuk kegiatan seperti surfing.

Lebih Lanjut »

Pero Beach

Pero Beach

Di pantai ini terdapat sebuah muara dengan pelabuhan pendaratan ikan bagi para nelayan. Wisatawan dapat menikmati keindahan pantai dengan ombak putih yang memukul karang, menyaksikan warga lokal menurunkan hasil tangkapan di laut dan menikmati sunset di kala mentari mulai terbenam

Lebih Lanjut »

Oro Beach

Oro Beach

Lokasi pantainya yang jauh dari keramaian membuat pantai ini sangat nyaman bagi mereka yang suka dengan ketenangan. Di pantai ini terdapat sebuah bungalow yang menawarkan suasana kekeluargaan dalam melayani para tamu yang menginap. Kawasan sekitar bungalow ditata secara alami dan ramah lingkungan serta menggunakan energi surya.

Lebih Lanjut »

Bwana Beach

Bwana Beach

Di pantai ini terdapat batu berbentuk gawang yang menjorok ke pantai. Para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini menyebutnya dengan berbagai nama yaitu pantai batu lobang atau pantai gawang. Saat ini, Bwana adalah pantai terfavorit sebagai destinasi wisata alam di kabupaten ini.

Lebih Lanjut »

Mandorak Beach

Mandorak Beach

Para wisatawan yang pernah datang ke pantai ini menjulukinya sebagai hidden beach. Sebutan itu memang beralasan, karena garis pantai sepanjang 50 meter yang dilindungi oleh batu karang membuat pantai ini tampak terembunyi.

Lebih Lanjut »

Mananga Aba Beach

Mananga Aba Beach

Pantai Mananga Aba merupakan pantai dengan hamparan pasir putih yang sangat panjang dan banyak ditumbuhi pohon pinus yang berjejer di sebagian garis pantai. pengunjung dapat menikmati keindahan alam, mandi, membuat video dan foto di sekitar lokasi pantai, bermain pasir dan berjemur serta menikmati sunset.

Lebih Lanjut »

Laguna Weekuri

Laguna Weekuri

Laguna ini adalah salah satu destinasi wisata populer yang banyak dikunjungi. Ada yang menjulukinya sebagai kolam renang alami. Airnya yang berwarna tosca jernih dan dangkal menjadikannya tempat favorit untuk berendam dan mandi. Tempat ini menyediakan banyak spot menarik untuk berphoto terutama saat matahari terbenam.

Lebih Lanjut »

Gua Alam Waikelo Sawah

Gua Alam Waikelo Sawah

Air yang keluar dari mulut gua dan pohon-pohon besar yang menaungi gua itu mengalirkan energi magis. Di bagian atas gua terdapat lubang besar yang dapat ditembus sinar matahari sehingga menciptakan pemandangan unik di dalam gua.

Lebih Lanjut »

Air terjun Pabeti Lakera

Air terjun Pabeti Lakera

Air terjun ini bersusun 3, yang berbaris rapih dengan ketinggian air mencapai 20 meter dan memiliki tujuh kolam dengan kedalaman lebih dari 3 meter. Air terjun ini mempunyai legenda yang sangat populer di kalangan warga setempat. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam, mandi, mengambil photo dan video di sekitar lokasi air terjun.

Lebih Lanjut »

Kampung Adat Tarung

Kampung Adat Tarung

Kampung ini menawarkan pengalaman mistis seperti berada di Sumba tempo dulu. Rumah-rumah beratap alang dengan menara mencakar langit dan deretan kubur batu menambah aura mistis kampung ini.

Lebih Lanjut »

Kampung Adat Prai Ijing

Kampung Adat Prai Ijing

Saat tiba di pintu masuk, Anda akan disuguhi pemandangan kampung dan rumah beratap alang yang berbaris berhadap-hadapan. Anda juga bisa melihat deretan kubur batu peninggalan yang memiliki banyak cerita dibaliknya.

Lebih Lanjut »

Nihi Sumba Beach

Nihi Sumba Beach

Pantai Nihi adalah salah satu tujuan peselancar dunia yang ingin menantang ombak pantainya yang ganas. Selain itu, pantai berpasir putih sepanjang 2,5 km menjadikanya sebagai destinasi kelas dunia.

Lebih Lanjut »

Rua Beach

Rua Beach

Selain menawarkan pantai yang menawan, saat menuju kesini, Anda akan disuguhi pengalaman berpetualang melewati jalan berliku, bukit-bukit, hutan dan padang savana yang memukau. Dari puncak bukit, Anda dapat melihat birunya hamparan pantai di kejauhan.

Lebih Lanjut »

Pantai Lai Liang

Pantai Lai Liang

Walau bibir pantainya tak seberapa panjang , Lai Liang tergolong pantai yang cantik dan berkarakter. Air yang berwarna biru kehijauan, pasir putih dan tebing karang yang mengapit ke dua sisi pantai, serta rimbunnya pepohonan di sekitarnya membuat La Liang sungguh layak di kunjungi.

Lebih Lanjut »

Pantai Wanukaka

Pantai Wanukaka

Pantai ini merupakan tempat pelaksanaan upacara Nyale dan Pasola Pantai. Pemandangan menarik dan berkarakter yang di tawarkan akan membuat anda terpanah. Dalam perjalanan anda akan di suguhkan dengan hamparan sawah dan aktivitas keseharian masyarakat lokal.

Lebih Lanjut »

Pantai Kere Wei

Pantai Kere Wei

Desa Patialabawa, Kec Lamboya. Pantai ini berjarak 45 km dari Waikabubak dan dapat ditempuh selama 60 menit dengan kendaraan roda dua dan empat.

Lebih Lanjut »

Pantai Watu Bela

Pantai Watu Bela

Walaupun bibir pantainya tidak terlalu luas, Anda akan dibuat kagum dengan pasir putih dan dinding karang yang melindungi bibir pantai seakan pantai ini tersaji untuk Anda. Saat berada disini, Anda bisa melihat ombak yang lincah menghantam dinding batu di pesisir pantainya.

Lebih Lanjut »

Marosi Beach

Marosi Beach

Sebongkah batu karang besar membelah pantai menjadi dua bagian yang sama menawannya. Airnya sejernih kristal, dan semua orang yang pernah berkunjung ke pantai ini terkesan dengan pasirnya yang berbulir besar yang seolah hendak menelan kaki Anda saat dipijak.

Lebih Lanjut »

Air Terjun Lapopu

Air Terjun Lapopu

Air terjun ini tercurah bertingkat-tingkat di sepanjang tebing batu setinggi 90 m. Undak-undak aair terjun ini dijuluki tangga bidadari. Air terjun ini dianggap sebagai maskot pariwisata Kabupaten Sumba Barat.

Lebih Lanjut »

Manupeu Tana Ndaru

Manupeu Tana Ndaru

Disini anda dapat menikmati dan mengawasi unggas endemik sekalian mengalami keindahan La Popu, air terjun setinggi 70m yang tersambung ke sebuah sungai berarus deras. Taman Nasional Manupeu Tanada­ru.

Lebih Lanjut »

Kampung Padabar

Kampung Padabar

Sederetan bangunan berarsitektur khas sumba dan barisan batu kubur merupakan pesona unggulan kampung ini. Kampung ini berjarak tempuh 10 km dari Waibakul dan mudah dikunjungi karena jalan yang dan beraspal.

Lebih Lanjut »

Kampung Adat Deri Kambadjawa

Kampung Adat Deri Kambadjawa

Kampung adat yang masyarakatnya masih menganut kepercayaan Marapu ini sering dijuluki sebagai kampung para Rato. Keaslian dan nuansa magis kampung ini dapat Anda rasakan ketika Anda menjejaki setiap jengkal tanahnya, mendengar cerita dan sejarah kampung ini.

Lebih Lanjut »

Kampung Kabonduk

Kampung Kabonduk

Kampung yang dijuluki kampung raja Anakalang ini menyuguhkan keindahan rumah-rumah adat Sumba berarsitektur semi modern dan batu-batu kubur megalitik berusia puluhan tahun, dengan ukirannya yang sarat makna. Kampung ini hanya berjarak 1 km dari Kota Waibakul.

Lebih Lanjut »

Kampung Pasunga

Kampung Pasunga

Terletak di pusat kota Waibakul. Kampung dengan rumah – rumah adat Sumba semi modern ini menyuguhkan keindahan kampung adat yang mampu bersinergi dengan kemajuan peradaban masa kini.

Lebih Lanjut »

Kampung Lai Tarung

Kampung Lai Tarung

Kampung Lai Tarung identik dengan ritual adat Purung Ta Kadonga Ratu. Ini merupakan kampung adat yang hingga saat ini memegang teguh keyakinan Marapu dan melestarikan tradisi lokal yang asli yang dilaksanakan turun-temurun di wilayah ini.

Lebih Lanjut »

Kampung Galubakul

Kampung Galubakul

Di kampung ini terdapat batu kubur megalitik terbesar dengan pemilik Umbu Sawola, yang dihiasi dengan ornamen-ornamen yang sangat indah dan rapi.

Lebih Lanjut »

Kampung Tradisional Bondotera

Kampung Tradisional Bondotera

Pernahkan Anda bayangkan sebuah batu kubur megalit berusia ratusan tahun ditarik dengan benang? Di kampung ini Anda akan menjumpai tanda garis di batu-batu kubur yang menjadi saksi bisu penggunaan benang sebagai alat penarik batu kubur pada masa lampau.

Lebih Lanjut »

Kampung Praiwola

Kampung Praiwola

Ini merupakan kampung tertua dan bersejarah di wilayah ini, serta memiliki fungsi sebagai tempat peristirahatan sementara para Ratu dalam pelaksanaan ritual adat Purung Ta Kadonga Ratu.

Lebih Lanjut »

Tarik Batukubur

Tarik Batukubur

Community customs in the Southwest Sumba district are classified as rare and unique despite its continuous practice in every village – a part of these traditional village customs is Tarik BatuKubur. This event is carried out with the intention of preparing the grave for those who have died. It is considerably expensive and only economically capable citizens can afford it. The high cost of this event is attributed to the custom that traditional activities first have to be carried out by the sacrifice of pigs, buffalos and chickens to the god Marapu. Furthermore, organizing parties must provide food and beverages for those participating in BatuKubur. The number of people participating often times reach the hundreds and lasts for several days because the Batu is large and heavy.

Lebih Lanjut »

Ritual Tauna Usu Manu

Ritual Tauna Usu Manu

Upacara ritual tauna usu manua merupakan upacara pemberian makan marapu setiap tahun, yang bertujuan untuk membersihkan dosa dosa, membersihkan wabah penyakit maupun roh roh jahat dari kampung dan memohon kesuksesan panen. Upacara ini hares dijalankan dahulu oleh kampung wawarongu, baru diikuti oleh kampung yang lain.

Lebih Lanjut »

Upacara Adat Purung Takadonga Ratu (bulan Juni)

Upacara Adat Purung Takadonga Ratu (bulan Juni)

Purung Ta Kadonga Ratu adalah upacara pemberian korban sesajian kepada leluhur orang Anakalang (Umbu Sebu dan Rambu Kareri) di gua Kadonga Ratu. Ritual ini bertujuan untuk meminta berkat berupa hujan dari para leluhur sehingga tidak terjadi kekeringan yang menyebabkan kelaparan. Ritual ini dilaksanakan pada setiap bulan Juni.

Lebih Lanjut »

Pantai Maloba

Pantai Maloba

Garis pantai yang menghadap Samudera Indonesia dan topografi yang berkelok-kelok memperlihatkan pesona eksotik Pantai Maloba. Pantai yang masih alami ini menyediakan beberapa spot lokasi pemancingan yang menjadi incaran para maniak pancing.

Lebih Lanjut »

Air Terjun Matayangu

Air Terjun Matayangu

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Di sepanjang perjalanan menuju air terjun ini, pohon-pohon raksasa yang menjulang dan suara akustik berbagai jenis burung endemik dan burung lain akan menghapus lelah perjalanan Anda. Di lokasi ini, Anda akan menemukan sekitar 30 buah goa alam, yang oleh warga setempat dijuluki gua para arwah, karena goa-gua ini akan memperdengarkan bunyi jika ada warga yang meninggal di sekitar lokasi.

Lebih Lanjut »

Air Terjun Mbola

Air Terjun Mbola

Terletak di desa Wanggawainyengu dengan jarak tempuh sekitar 15 km dari Waibakul dan hanya berjarak sekitar 5 km dari pusat kota Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat, Kabupaten Sumba Tengah. Menuju lokasi air terjun, kita harus melewati kawasan hutan kecil, menyusuri aliran sungai sekitar 15 menit perjalanan, akses jalan yang menantang menjadi kenikmatan tersendiri bagi para pencinta alam, suasana hutan yang alami dan jernihnya aliran sungai merupakan kombinasi alam yang terkesan harmonis.

Lebih Lanjut »

Kampung Raja Prailiu

Kampung Raja Prailiu

Meski berada di tengah kota Waingapu, masyarakat di kampung ini tetap menjaga dan melestarikan adat dan budaya leluhur Sumba. Kampung ini adalah ibukota kerajaan Lewa Kambera yang terletak disebelah Timur kota Waingapu. Namun setelah Umbu Djaka (raja terakhir) wafat tahun 2008, belum ada pengangkatan raja baru.

Lebih Lanjut »

Kampung Praiyawang

Kampung Praiyawang

Suasana peradaban masa silam kental terasa saat memasuki kampung ini. Arsitektur khas rumah Sumba, barisan kuburan megalitik yang dipahat menampilkan simbol sarat makna. Barang-barang peninggalan nenek moyang seperti gong, tambur dan pakaian adat yang telah berumur ratusan tahun masih terawat dengan baik.

Lebih Lanjut »

Kampung Prainatang

Kampung Prainatang

Di kampung ini Anda akan merasakan suasana kehidupan peradaban masa lampau leluhur masyarakat Sumba. Prainatang adalah kampung megalitik dimana terdapat batu-batu kubur besar yang ditarik dengan tali pisang dan alang-alang yang dipintal. Pagar batu berusia ratusan tahun dan Aroma sabana musim kemarau menyambut setiap tamu yang datang.

Lebih Lanjut »

Pantai Kiriwai

Pantai Kiriwai

Tersembunyi dibalik hutan rindang, pantai kiriwai siap memberikan kejutan bagi pengunjung dan menawarkan perbukitan yang berbentuk piramida di pesisir pantai. Pantai tersebut terseltak di kecamatan Lewa Tidahu dan berjarak kurang lebih 70 Km dari waingapu

Lebih Lanjut »

Pantai Watu Parunu

Pantai Watu Parunu

Tebing tinggi yang terbentuk dari susunan beberapa jenis batu memberi pesona dari pantai ini. Bentuk tebing yang meliuk-liuk terbentuk karena proses alam, ibarat sebuah lukisan Tuhan yang terukir indah di bagian ujung pantai.

Lebih Lanjut »

Pantai Kambaru

Pantai Kambaru

Pantai ini menawarkan sejuta pesona, menyerupai huruf U, gulungan ombak dan tebing yang sangat menawan.

Lebih Lanjut »

Pantai Walakiri

Pantai Walakiri

Walakiri memiliki mangrove yang unik dengan hamparan pasir putih dihiasi jajaran pohon kelapa yang meneduhi pengunjung yang berjalan menyusuri pantai. Sangat bagus dijadikan tempat rekreasi, bersantai, menikmati matahari terbit dan terbenam, serta berpose di antara pohon bakau.

Lebih Lanjut »

Pantai Tarimbang

Pantai Tarimbang

Pantai pasir putih setengah lingkaran dengan lautnya yang indah terletak di Desa Tarimbang, Kecamatan Tabundung dengan jarak sekitar 120 Km dari Waingapu. Pantai yang terletak di bagian selatan pulau ini dikagumi oleh wisatawan dengan berjemur diri diatas pasir, juga cocok untuk renang dan menyelam serta bermai n selancar atau ski air dan pada musim panas dapat melakukan surfing.

Lebih Lanjut »

Pantai Purukambera

Pantai Purukambera

Hamparan pasir putih bersih dan alami, air laut yang berwarna biru dan sejuknya angin laut akan menyambut Anda saat memasuki pantai ini. Di pantai ini Anda dapat berjemur, berphoto, bermain air, berenang, menyelam, bermain air dan bersantai.

Lebih Lanjut »

Air Terjun Waimarang

Air Terjun Waimarang

Selain indah, air terjun ini juga memiliki kolam renang yang tercipta oleh alam.

Lebih Lanjut »

Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu

Obyek wisata ini terletak di desa Tanggedu Kecamatan Haharu berjarak sekitar 60 Km dari kota Waingapu, di obyek ini alamnya masih sangat terjaga. Untuk sampai ke air terjun kita akan melewati perbukitan nan indah yang memanjakan mata dan sesekali berhenti untuk berfoto.

Lebih Lanjut »

Air Terjun Koalat

Air Terjun Koalat

Derasnya air dan kontur yang berbeda menciptakan air terjun dan lekukan batu cadas yang indah. Di tempat ini kamu bisa melakukan aktivitas berendam dan bermain air di airnya yang deras dan jernih atau berfoto selfie dengan panorama alam yang cantik nan indah.

Lebih Lanjut »

Air Terjun Gunung Meja

Air Terjun Gunung Meja

Air terjun ini adalah salah satu surga bagi wisatawan yang menyukai alam. Air yang jernih karena kedalamannya membuat air yang tercurah ke bawah berwarna biru. Selain bermain air, pengunjung juga bisa menikmati segarnya udara bersih, menikmati aneka tanaman, flora dan fauna endemik yang ada di sekitarnya.

Lebih Lanjut »

Air Terjun Hirumanu

Air Terjun Hirumanu

Air terjun ini memiliki ketinggian lebih dari 70 meter. Air terjun ini berundak sehingga tampak eksotisme aliran air yang tercurah ke bawah. Anda akan disuguhi aliran air pada bebatuan yang ditumbuhi tetumbuhan.

Lebih Lanjut »

Air Terjun Kanabu Wai

Air Terjun Kanabu Wai

Air terjun nan deras semilir melewati bebatuan berundak dengan kelindan lumut dan vegetasi hijau yang menghinggapinya. Saat Anda menuju lokasi ini, Anda akan melewati hutan dengan berbagai flora dan fauna endemik yang unik.

Lebih Lanjut »

Air Terjun Laputi

Air Terjun Laputi

Air terjun ini berasal dari aliran air danau di atas gunung. Laputi airnya mengalir sepanjang tahun melalui hamparan bebatuan yang bertingkat-tingkat. Di puncaknya terdapat sebuah danau keramat, dimana terdapat belut yang tidak boleh ditangkap dan dimakan. Diyakini, jika belut tersebut dimakan maka orang tersebut akan mati. Sering terlihat pelangi di air terjun ini, akibat dari bias percikan air terjun yang terkena cahaya matahari.

Lebih Lanjut »

Tujuan Destinasi Wisata Di Sumba Hits & Populer Buat Liburan Kamu

Halo para pengunjung website Sumba Tourism, jika kamu sedang mencari informasi ataupun sedang merencanakan perjalanan wisata ke wilayah SUMBA tapi bingung dengan tujuan wisatawan yang favorit dan hits? Kamu sudah tepat untuk masuk ke website Sumba Tourism, yuk cek pesona dan keindahan dari ke 68 destinasi tempat wisata di Sumba!

Untuk mengetahui tujuan wisata yang ingin kamu mengunjungi, ada baiknya nih kamu perlu mengetahui dahulu, wilayah sumba mana yang akan kamu kunjungi sebagai destinasi wisata?

Sebelumnya, tahukah kamu wilayah Sumba terbagi atas 4 bagian:

  1. Sumba bagian Barat yang memiliki 18 tujuan destinasi wisata.
  2. Sumba bagian Timur yang memiliki 16 tujuan destinasi wisata.
  3. Sumba bagian Tengah yang memiliki 14 tujuan destinasi wisata.
  4. Sumba bagian Barat daya yang memiliki 19 tujuan destinasi wisata.

Nah sudah tahukan sekarang wilayah – wilayah yang dimiliki Sumba? Bagi kamu yang sudah tahu untuk tujuan destinasi kamu akan berkunjung ke wilayah Sumba bagian mana, Yuk langsung lihat pembahasan kita terkait 68 tujuan destinasi wisata Sumba yang mempesona dan indah.

Berikut adalah 18 tujuan destinasi yang ada di Sumba Barat, di sumbar bagian barat terdapat beberapa jenis destinasi wisata seperti Atraksi, untuk wilayah Sumba Barat terdapat 2 jenis atraksi seperti: 

  • Pasola, atraksi wisata kali ini termasuk yang cukup extrim, dimana para peserta atau penduduk setempat yang mengikuti pasola harus menunggangi kuda dibagi menjadi dua kubu saling beradu ketangkasan sambil melempar lembing ataupun tombak.
  • Wulla Poddu, atraksi dimana para suku – suku adat di sana melakukan ritual pembersihan diri yang memiliki pantangan-pantangan dan juga melakukan perburuan babi untuk dijadikan persembahan dan pengasingan bagi anak laki-laki sebagai tanda dewasa ke alam liar.

Selain atraksi di Sumba Barat juga terdapat sebuah tempat historikal (history) bernama Gua Rambe Manu, sebuah gua yang menjadi benteng pertahanan Wona Kaka ketika melawan kolonial Belanda. Pasukan Won Kaka menggunakan batu-batu besar dan potongan dahan besar yang digulirkan untuk menghantam musuh. Mereka didukung regu pengintai atau pengirim aba-aba dari hutan dengan meniru bunyi satwa.

Kemudian ada juga 4 buah kampung budaya yang ada di Sumba Barat seperti:

  • Kampung Tossi, salah satu kampung yang menyelenggarakan upacara adat Pasola bersama – sama dengan kampung Mbuku Bani. Di kampung ini Wisatawan dapat menyaksikan upacara adat Pasola yang digelar bersama – sama dengan kampung Mbuku bani. Kegiatan lain yang dapat dilakukan oleh wisatawan adalah menenun kain dengan menggunakan peralatan tradisional yang masih dipraktekkan oleh kaum wanita di kampung ini.

  • Kampung Adat Mbuku Bani, terkenal karena ritual Marapu untuk menetapkan jadwal Pasola dan upacara adat Kawoking dilakukan di kampung ini. Untuk menyaksikan upacara adat Kawoking, Anda harus datang sehari sebelum Pasola karena acara dimulai pada malam hari. Kampung ini memiliki 31 rumah adat dan 83 kubur batu tua dan menyimpan benda-benda kuno seperti pistol dari emas, kain kuno, Peti dari besi, Bebek emas, guci, tambur dari kulit manusia dan masih banyak lagi benda-benda lain peninggalan nenek moyang.

  • Kampung Adat Tarung, merupakan salah satu kampung tertua di wilayah Sumba Barat. Terdapat 100 rumah menara yang dihuni oleh kurang lebih 400 warga di kampung Tarung. Anda akan diterima dengan ramah oleh masyarakat lokal begitu Anda memasuki kampung ini.

  • Kampung Adat Prai Ijing, Saat tiba di pintu masuk, Anda akan disuguhi pemandangan kampung dan rumah beratap alang yang berbaris berhadap-hadapan. Anda juga bisa melihat deretan kubur batu peninggalan yang memiliki banyak cerita dibaliknya.

Selain atraksi, budaya dan history, di wilayah Sumba Barat juga tidak kalah wisata alamnya, yuk kita intip ke 11 lokasi wisata alam yang terdiri dari 8 pantai, 1 goa dan 2 air terjun patut kalian kunjungi di wilayah Sumba Barat:

  1. Pantai Mananga Aba, pantai dengan hamparan pasir putih yang sangat panjang dan banyak ditumbuhi pohon pinus yang berjejer di sebagian garis pantai.

  2. Gua Alam Waikelo Sawah, Air yang keluar dari mulut gua dan pohon-pohon besar yang menaungi gua itu mengalirkan energi magis. Di bagian atas gua terdapat lubang besar yang dapat ditembus sinar matahari sehingga menciptakan pemandangan unik di dalam gua.

  3. Pantai Nihi Sumba, salah satu tujuan peselancar dunia yang ingin menantang ombak pantainya yang ganas. Selain itu, pantai berpasir putih sepanjang 2,5 km menjadikanya sebagai destinasi kelas dunia

  4. Manupeu Tana Ndaru, Disini anda dapat menikmati dan mengawasi unggas endemik sekalian mengalami keindahan La Popu, air terjun setinggi 70m yang tersambung ke sebuah sungai berarus deras. Taman Nasional Manupeu Tanada­ru.

  5. Air Terjun Lapopu, Air terjun ini tercurah bertingkat-tingkat di sepanjang tebing batu setinggi 90 m. Undak-undak aair terjun ini dijuluki tangga bidadari. Air terjun ini dianggap sebagai maskot pariwisata Kabupaten Sumba Barat.

  6. Pantai Marosi, Sebongkah batu karang besar membelah pantai menjadi dua bagian yang sama menawannya. Airnya sejernih kristal, dan semua orang yang pernah berkunjung ke pantai ini terkesan dengan pasirnya yang berbulir besar yang seolah hendak menelan kaki Anda saat dipijak.

  7. Pantai Watu Bela,  bibir pantainya tidak terlalu luas, Anda akan dibuat kagum dengan pasir putih dan dinding karang yang melindungi bibir pantai seakan pantai ini tersaji untuk Anda. Saat berada disini, Anda bisa melihat ombak yang lincah menghantam dinding batu di pesisir pantainya.

  8. Pantai Kere Wei, Desa Patialabawa, Kec Lamboya. Pantai ini berjarak 45 km dari Waikabubak dan dapat ditempuh selama 60 menit dengan kendaraan roda dua dan empat.

  9. Pantai Wanukaka, Pantai ini merupakan tempat pelaksanaan upacara Nyale dan Pasola Pantai. Pemandangan menarik dan berkarakter yang ditawarkan akan membuat anda terpanah. Dalam perjalanan anda akan disuguhkan dengan hamparan sawah dan aktivitas keseharian masyarakat lokal.

  10. Pantai Lai Liang, Walau bibir pantainya tak seberapa panjang , Lai Liang tergolong pantai yang cantik dan berkarakter. Air yang berwarna biru kehijauan, pasir putih dan tebing karang yang mengapit kedua sisi pantai, serta rimbunnya pepohonan disekitarnya membuat La Liang sungguh layak dikunjungi.

  11. Pantai Rua, pantai yang menawan, saat menuju kesini, Anda akan disuguhi pengalaman berpetualang melewati jalan berliku, bukit-bukit, hutan dan padang savana yang memukau. Dari puncak bukit, Anda dapat melihat birunya hamparan pantai di kejauhan.

Ayo dipilih dengan hati-hati tujuan wisata Sumba Barat yang kalian ingin kunjungi atau kunjungi semuanya saja. 

Selanjutnya kita akan beralih ke wisata Sumba Tengah, di Sumba Tengah terdapat 3 wisata historikal (history):

  • Tarik Batu Kubur, Masyarakat Sumba Tengah mengenal upacara tarik batu kubur sebagai bagian dari tradisi menghormati leluhur di sumba tengah, obyek megalitik yang ditarik adalah lempengan batu yang merupakan tempat bersemayam abadi jasad leluhur. Bahan batu diperoleh dengan cara penggalian di tempat tertentu yang memang kaya akan berbagai jenis batuan.

  • Ritual Tauna Usu Manua, merupakan upacara pemberian makan marapu setiap tahun, yang bertujuan untuk membersihkan dosa dosa, membersihkan wabah penyakit maupun roh roh jahat dari kampung dan memohon kesuksesan panen. Upacara ini hares dijalankan dahulu oleh kampung wawarongu, baru diikuti oleh kampung yang lain.

  • urung Ta Kadonga Ratu, upacara pemberian korban sesajian kepada leluhur orang Anakalang (Umbu Sebu dan Rambu Kareri) di gua Kadonga Ratu. Ritual ini bertujuan untuk meminta berkat berupa hujan dari para leluhur sehingga tidak terjadi kekeringan yang menyebabkan kelaparan. Ritual ini dilaksanakan pada setiap bulan Juni.

Selain wisata history masih ada juga 8 wisata budaya di Sumba Tengah seperti:

  • Kampung Padabar, sederetan bangunan berarsitektur khas sumba dan barisan batu kubur merupakan pesona unggulan kampung ini. Kampung ini berjarak tempuh 10 km dari Waibakul dan mudah dikunjungi karena jalan yang dan beraspal.

  • Kampung Adat Deri Kambadjawa, Kampung adat yang masyarakatnya masih menganut kepercayaan Marapu ini sering dijuluki sebagai kampung para Rato. Keaslian dan nuansa magis kampung ini dapat Anda rasakan ketika Anda menjejaki setiap jengkal tanahnya, mendengar cerita dan sejarah kampung ini.

  • Kampung Kabonduk, dijuluki kampung raja Anakalang ini menyuguhkan keindahan rumah-rumah adat Sumba berarsitektur semi modern dan batu-batu kubur megalitik berusia puluhan tahun, dengan ukirannya yang sarat makna. Kampung ini hanya berjarak 1 km dari Kota Waibakul.

  • Kampung Pasunga, terletak di pusat kota Waibakul. Kampung dengan rumah – rumah adat Sumba semi modern ini menyuguhkan keindahan kampung adat yang mampu bersinergi dengan kemajuan peradaban masa kini.

  • Kampung Lai Tarung,  identik dengan ritual adat Purung Ta Kadonga Ratu. Ini merupakan kampung adat yang hingga saat ini memegang teguh keyakinan Marapu dan melestarikan tradisi lokal yang asli yang dilaksanakan turun-temurun

  • Kampung Galubakul, batu kubur megalitik terbesar dengan pemilik Umbu Sawola, yang dihiasi dengan ornamen-ornamen yang sangat indah dan rapi.

  • Kampung Tradisional Bondotera, bayangkan sebuah batu kubur megalit berusia ratusan tahun ditarik dengan benang? Di kampung ini Anda akan menjumpai tanda garis di batu-batu kubur yang menjadi saksi bisu penggunaan benang sebagai alat penarik batu kubur pada masa lampau.

  • Kampung Praiwola, kampung tertua dan bersejarah di wilayah ini, serta memiliki fungsi sebagai tempat peristirahatan sementara para Ratu dalam pelaksanaan ritual adat Purung Ta Kadonga Ratu.

Selain itu di Wisata Sumba Tengah terdapat juga 3 wisata alam:

  • Pantai Maloba, Garis pantai yang menghadap Samudera Indonesia dan topografi yang berkelok-kelok memperlihatkan pesona eksotik Pantai Maloba. Pantai yang masih alami ini menyediakan beberapa spot lokasi pemancingan yang menjadi incaran para maniak pancing

  • Air Terjun Matayangu,  memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Di sepanjang perjalanan menuju air terjun ini, pohon-pohon raksasa yang menjulang dan suara akustik berbagai jenis burung endemik dan burung lain akan menghapus lelah perjalanan Anda. Di lokasi ini, Anda akan menemukan sekitar 30 buah goa alam, yang oleh warga setempat dijuluki gua para arwah, karena goa-gua ini akan memperdengarkan bunyi jika ada warga yang meninggal di sekitar lokasi.

  • Air Terjun Mbola, Terletak di desa Wanggawainyengu dengan jarak tempuh sekitar 15 km dari Waibakul dan hanya berjarak sekitar 5 km dari pusat kota Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat, Kabupaten Sumba Tengah. Menuju lokasi air terjun, kita harus melewati kawasan hutan kecil, menyusuri aliran sungai sekitar 15 menit perjalanan, akses jalan yang menantang menjadi kenikmatan tersendiri bagi para pecinta alam, suasana hutan yang alami dan jernihnya aliran sungai merupakan kombinasi alam yang terkesan harmonis.

Itulah spot-spot destinasi wisata Sumba, jangan berhenti sampai di sini saja, karena masih banyak lagi wilayah yang belum dibahas sebagai destinasi wisata Sumba.

Urutkan
Filter