Sumba Timur

BISNIS LOKAL DAN TEMPAT-TEMPAT PENTING DI SUMBA

Sumba Timur

Sumba Timur mengajak Anda menelusuri padang sabana dan perbukitan berlekuk-lekuk sejauh mata menandang, serta menjumpai warga lokal yang menenun dengan cinta dan lantunan doa. Di sini Anda mendapatkan surga dalam banyak rupa.

Kampung Raja Prailiu

Kampung Raja Prailiu

Meski berada di tengah kota Waingapu, masyarakat di kampung ini tetap menjaga dan melestarikan adat dan budaya leluhur Sumba. Kampung ini adalah ibukota kerajaan Lewa Kambera yang terletak disebelah Timur kota Waingapu. Namun setelah Umbu Djaka (raja terakhir) wafat tahun 2008, belum ada pengangkatan raja baru.

Selanjutnya »

Kampung Praiyawang

Kampung Praiyawang

Suasana peradaban masa silam kental terasa saat memasuki kampung ini. Arsitektur khas rumah Sumba, barisan kuburan megalitik yang dipahat menampilkan simbol sarat makna. Barang-barang peninggalan nenek moyang seperti gong, tambur dan pakaian adat yang telah berumur ratusan tahun masih terawat dengan baik.

Selanjutnya »

Kampung Prainatang

Kampung Prainatang

Di kampung ini Anda akan merasakan suasana kehidupan peradaban masa lampau leluhur masyarakat Sumba. Prainatang adalah kampung megalitik dimana terdapat batu-batu kubur besar yang ditarik dengan tali pisang dan alang-alang yang dipintal. Pagar batu berusia ratusan tahun dan Aroma sabana musim kemarau menyambut setiap tamu yang datang.

Selanjutnya »

Pantai Kiriwai

Pantai Kiriwai

Tersembunyi dibalik hutan rindang, pantai kiriwai siap memberikan kejutan bagi pengunjung dan menawarkan perbukitan yang berbentuk piramida di pesisir pantai. Pantai tersebut terseltak di kecamatan Lewa Tidahu dan berjarak kurang lebih 70 Km dari waingapu

Selanjutnya »

Pantai Watu Parunu

Pantai Watu Parunu

Tebing tinggi yang terbentuk dari susunan beberapa jenis batu memberi pesona dari pantai ini. Bentuk tebing yang meliuk-liuk terbentuk karena proses alam, ibarat sebuah lukisan Tuhan yang terukir indah di bagian ujung pantai.

Selanjutnya »

Pantai Kambaru

Pantai Kambaru

Pantai ini menawarkan sejuta pesona, menyerupai huruf U, gulungan ombak dan tebing yang sangat menawan.

Selanjutnya »

Pantai Walakiri

Pantai Walakiri

Walakiri memiliki mangrove yang unik dengan hamparan pasir putih dihiasi jajaran pohon kelapa yang meneduhi pengunjung yang berjalan menyusuri pantai. Sangat bagus dijadikan tempat rekreasi, bersantai, menikmati matahari terbit dan terbenam, serta berpose di antara pohon bakau.

Selanjutnya »

Pantai Tarimbang

Pantai Tarimbang

Pantai pasir putih setengah lingkaran dengan lautnya yang indah terletak di Desa Tarimbang, Kecamatan Tabundung dengan jarak sekitar 120 Km dari Waingapu. Pantai yang terletak di bagian selatan pulau ini dikagumi oleh wisatawan dengan berjemur diri diatas pasir, juga cocok untuk renang dan menyelam serta bermai n selancar atau ski air dan pada musim panas dapat melakukan surfing.

Selanjutnya »

Pantai Purukambera

Pantai Purukambera

Hamparan pasir putih bersih dan alami, air laut yang berwarna biru dan sejuknya angin laut akan menyambut Anda saat memasuki pantai ini. Di pantai ini Anda dapat berjemur, berphoto, bermain air, berenang, menyelam, bermain air dan bersantai.

Selanjutnya »

Air Terjun Waimarang

Air Terjun Waimarang

Selain indah, air terjun ini juga memiliki kolam renang yang tercipta oleh alam.

Selanjutnya »

Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu

Obyek wisata ini terletak di desa Tanggedu Kecamatan Haharu berjarak sekitar 60 Km dari kota Waingapu, di obyek ini alamnya masih sangat terjaga. Untuk sampai ke air terjun kita akan melewati perbukitan nan indah yang memanjakan mata dan sesekali berhenti untuk berfoto.

Selanjutnya »

Air Terjun Koalat

Air Terjun Koalat

Derasnya air dan kontur yang berbeda menciptakan air terjun dan lekukan batu cadas yang indah. Di tempat ini kamu bisa melakukan aktivitas berendam dan bermain air di airnya yang deras dan jernih atau berfoto selfie dengan panorama alam yang cantik nan indah.

Selanjutnya »

Air Terjun Gunung Meja

Air Terjun Gunung Meja

Air terjun ini adalah salah satu surga bagi wisatawan yang menyukai alam. Air yang jernih karena kedalamannya membuat air yang tercurah ke bawah berwarna biru. Selain bermain air, pengunjung juga bisa menikmati segarnya udara bersih, menikmati aneka tanaman, flora dan fauna endemik yang ada di sekitarnya.

Selanjutnya »

Air Terjun Hirumanu

Air Terjun Hirumanu

Air terjun ini memiliki ketinggian lebih dari 70 meter. Air terjun ini berundak sehingga tampak eksotisme aliran air yang tercurah ke bawah. Anda akan disuguhi aliran air pada bebatuan yang ditumbuhi tetumbuhan.

Selanjutnya »

Air Terjun Kanabu Wai

Air Terjun Kanabu Wai

Air terjun nan deras semilir melewati bebatuan berundak dengan kelindan lumut dan vegetasi hijau yang menghinggapinya. Saat Anda menuju lokasi ini, Anda akan melewati hutan dengan berbagai flora dan fauna endemik yang unik.

Selanjutnya »

Air Terjun Laputi

Air Terjun Laputi

Air terjun ini berasal dari aliran air danau di atas gunung. Laputi airnya mengalir sepanjang tahun melalui hamparan bebatuan yang bertingkat-tingkat. Di puncaknya terdapat sebuah danau keramat, dimana terdapat belut yang tidak boleh ditangkap dan dimakan. Diyakini, jika belut tersebut dimakan maka orang tersebut akan mati. Sering terlihat pelangi di air terjun ini, akibat dari bias percikan air terjun yang terkena cahaya matahari.

Selanjutnya »