Selamat Datang Di
Taman Matalawa

Di Taman Nasional MATALAWA, Anda akan menikmati kicauan 11 burung endemik Sumba yang tak mungkin anda dapatkan di tempat manapun. Di sini, Anda akan menjumpai Julang Sumba, yang setia dengan satu pasangan sampai mati.

DESTINASI

SOROTAN KAMI DARI SPOT PALING MENARIK DI TAMAN NASIONAL

Air Terjun Matayangu

Air Terjun Matayangu

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Di sepanjang perjalanan menuju air terjun ini, pohon-pohon raksasa yang menjulang dan suara akustik berbagai jenis burung endemik dan burung lain akan menghapus lelah perjalanan Anda. Di lokasi ini, Anda akan menemukan sekitar 30 buah goa alam, yang oleh warga setempat dijuluki gua para arwah, karena goa-gua ini akan memperdengarkan bunyi jika ada warga yang meninggal di sekitar lokasi.

Selanjutnya »

Air Terjun Laputi

Air Terjun Laputi

Air terjun ini berasal dari aliran air danau di atas gunung. Laputi airnya mengalir sepanjang tahun melalui hamparan bebatuan yang bertingkat-tingkat. Di puncaknya terdapat sebuah danau keramat, dimana terdapat belut yang tidak boleh ditangkap dan dimakan. Diyakini, jika belut tersebut dimakan maka orang tersebut akan mati. Sering terlihat pelangi di air terjun ini, akibat dari bias percikan air terjun yang terkena cahaya matahari.

Selanjutnya »

Air Terjun Lapopu

Air Terjun Lapopu

Air terjun ini tercurah bertingkat-tingkat di sepanjang tebing batu setinggi 90 m. Undak-undak aair terjun ini dijuluki tangga bidadari. Air terjun ini dianggap sebagai maskot pariwisata Kabupaten Sumba Barat.

Selanjutnya »

Air Terjun Kanabu Wai

Air Terjun Kanabu Wai

Air terjun nan deras semilir melewati bebatuan berundak dengan kelindan lumut dan vegetasi hijau yang menghinggapinya. Saat Anda menuju lokasi ini, Anda akan melewati hutan dengan berbagai flora dan fauna endemik yang unik.

Selanjutnya »